Pilih Permainan Boneka Untuk Bayi & Faedahnya

Bermain yaitu belajar untuk bayi. Kesibukan bermain tidak butuh dibatasi cuma dengan mainan-mainan serbajadi. Pikirkan Boneka Wisuda Dokter bayi yang tinggal di pedalaman serta tidak kenal mainan kota, dia toh tetaplah bisa belajar dengan mainan seadanya. Yang perlu, Anda serta si kecil bisa nikmati hubungan yang mengasyikkan. Jadi tidak ada tuch, kewajiban penuhi kamar si kecil dengan mainan.

Cukup hanya satu boneka saja, umpamanya, ditambah sedikit kreatifitas, jadi terdapat beberapa permainan yang bisa dikerjakan dengan bayi. Anda dapat menyulap boneka itu seakan-akan hidup serta bicara dengannya, hingga kosakata yang di tangkap si kecil juga jadi bertambah.

 

Mainan murah sederhana meskipun dapat tambah lebih berguna di banding mainan superlengkap yang mahal. Dengan prasyarat, orang-tua dapat menyulap mainan murah itu jadi fasilitas penstimulasi pancaindra buah hatinya.

Screenshot_19.png

Diluar itu, saksikan manfaat yang didapat pada mainan. Apakah dapat merangsang indra peraba bayi, pendengaran, pandangan, mengasah konsentrasi, mengajari bayi agar cepat merangkak, duduk, dan sebagainya. Dengan hal tersebut, orang-tua dapat tahu apa yang perlu dikerjakan dengan mainan yang ada.

 

PILIH MAINAN SESUAI USIA

 

* USIA 1-3 BULAN

 

Kekuatan bayi di umur ini begitu terbatas. Tangannya masih tetap mengepal, pandangannya juga belum juga berkembang dengan baik. Meskipun demikian, dia telah dapat lihat objek besar. Pendengarannya juga telah berperan baik. Dapat dibuktikan, bila mendengar nada, ia juga akan segera menengok. Mainan yang sesuai sama untuk bayi umur ini yaitu :

 

– Mainan Berbunyi

 

Arti populernya, mainan kliningan. Tentukan memiliki bentuk yang lucu serta menarik. Mainkan mainan itu dihadapan si kecil. Goyangkan dengan perlahan-lahan sampai keluar bunyi ciri khas. Semakin lebih baik, waktu menggoyangkan mainan, nyanyikanlah satu lagu, contoh, Satu-satu saya sayang ibu, dsb. Bila si kecil memandangi mainan itu, gerakkan ke bagian yang lain. Temani dengan lagu itu. Selalu gerakkan mainan ke beberapa tempat berlainan dalam ruang. Amati waktu si kecil menggerakkan kepalanya. Beri peluang kepadanya untuk memegang mainan itu. Mainan bunyi-bunyian bukan sekedar mengasah indra pendengaran bayi, namun juga pandangan, serta motorik halus waktu memegang mainan.

 

– Mainan Tekstur

 

Membuat bayi rasakan beragam sensasi berlainan. Cari boneka atau mainan memiliki tekstur memiliki bahan lembut, kasar, serta padat. Coba menggesekkan lengan bayi dengan mainan-mainan itu, awalilah berbahan yang lembut, teruskan dengan bahan yang kasar ataupun padat. Bila si kecil tampak menginginkan memegangnya, biarlah.

 

– Mainan Boneka

 

Cari boneka lucu memiliki ukuran tengah. Kenalkan boneka itu pada bayi, biarlah dia merabanya. Kemudian, buat seperti dialog pada boneka dengan bayi. Katakan segalanya yang tengah ditangani. Contoh, waktu ganti popok, katakan popok bayi mesti ditukar supaya si kecil dapat nyaman tidur. Deskripsikan apa yang tengah kita lakukan, baik tengah ambil bedak, meneteskan minyak kayu putih, ataupun waktu menggunakankan pakaian. Bila sangat mungkin, gantilah nada kita. Pakai juga suara tinggi, rendah, nyanyian, dsb. Mainan boneka bukan sekedar merangsang kekuatan berbahasa si kecil, namun juga indra pendengarannya.

 

– Mainan Gantung

 

Satu diantaranya bola berwarna-warni. Mainan ini begitu bermanfaat waktu orang-tua akan ganti popok ataupun di waktu senggang. Coba gantung bola warna-warni itu, lantas putarkan dengan perlahan-lahan. Lama-lama si kecil suka serta menginginkan meraih bola itu. Biarlah dia kadang-kadang menyentuh bola-bola itu. Mainan gantung bukan sekedar berguna untuk mengasah koordinasi mata serta tangan bayi, namun juga memperkenalkan bayi pada bermacam warna.

 

– Bola Besar

 

Bola ini begitu pas dipakai jadi penyangga bayi 3 bln.. Coba letakkan badan bayi diatas bola, lantas tempatkan perutnya diatas bola. Pegang ke-2 tangannya erat-erat. Perlahan-lahan, gulirkan bola ke depan serta belakang. Begitu baik jika

 

kesibukan ini disertai dengan lagu. Pergerakan mengayun-ayun ini bukan sekedar menentramkan bayi, namun juga merangsang perubahan otaknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s